SUZUKI LIPPO CIKARANG Menyediakan informasi penjualan produk unit mobil baru Suzuki, perhitungan estimasi angsuran serta perhitungan kredit, booking tes drive, serta home service INFO 0812 1067 6945
Senin, 23 Desember 2013
Sejarah Suzuki Sebuah Awal Kebangkitan Industri di Abad Pertengahan
Bermula dari Pabrik Alat Tenun Sutra, Suzuki lahir sebagai dampak dari gelombang pasang dan surut keadaan ekonomi dunia. Muncul sebagai satu diantara pemilik industri yang masih tetap bertahan di tengah situasi yang semakin bergejolak dalam kondisi yang tidak menguntungkan, Michio Suzuki masih bertahan dengan membuat peralatan untuk
menenun Sutra dan sudah dimulai sejak tahun 1909an. Menjelang dimulainya Perang Dunia ke 2 banyak perusahaan-perusahaan yang
gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh. Begitu juga
perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan. Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda. Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free
(untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk
Kapasitas 60cc). Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda
motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc.
Tidak banyak yang bisa
dilakukan Suzuki saat itu. Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi
sedikit karena permintaan export tidak banyak.
Pada tahun 1967,
Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport ke Amerika dan Inggris dengan
nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris). Karena dinilai cukup sukses maka
T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang terus diproduksi
hingga tahun 1977. Sebenarnya tahun 1971, Suzuki membuat GT750 (Water
Buffalo) tapi tidak sukses untuk pasar Superbike didunia pada saat itu. Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari GT750. GS750 ini punya akselerasi sangat cepat tidak heran menjadi
populer & cukup sukses. Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada
tahun 1978. GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat
diterima market saat itu. Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih
kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982.
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal
powerfull (kencang), disainnya yang modern, body ringan dan harganya
yang sangat kompetitif. Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan
dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100. Motor ini terkenal
sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model ini benar-benar
mengadobsi motor balap, karena memang diperuntukan dijalan raya.
GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini karena penjualan yang sangat
baik. Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan
kurang baik, dan distop produksinya. Kemudian di tahun 1990an, GSX-R
1100 dicoba di desain ulang, tetapi tetap kurang mencapai kesuksesan.
Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya
dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang
sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat di dunia
karena kecepatannya dapat mencapai 320km/jam saat itu dan mampu menembus
kecepatan 607.5km/jam sebagai mesin jet darat top one team USA ( 2010 -
2011 ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar